Kamis, 23 Februari 2017

Cara Mengecat Kabinet Dapur


Jika Anda mempunyai kabinet kitchen set  di dapur dalam kondisi rusak, seperti cat yang sudah pudar, dan beberapa bagian handle telah patah, tapi masih bisa digunakan. Anda jangan tergesa-gesa untuk membeli kabiet set yang baru, apalagi kalau Anda belum memiliki anggaran untuk membelinya.

Bayangkan saja jika harga kabinet set yang bernilai jutaan rupiah. Anda hanya perlu waktu paling lama 2 hari untuk menyelesaikan kabinet yang Anda miliki untuk menjadi seperti baru. Jika Anda berhasil melakukannya, Anda bisa menghemat anggaran untuk membeli lemari baru. Saya yakin Anda dapat dengan mudah melakukannya layaknya seorang tukang kayu profesional.

Mengecat kabinet dapur

Silakan Anda simak penjelasan berikut tentang cara mengecat ulang kabinet dapur, mudah dan perlu banyak ketelitian dan kesabaran untuk melakukannya.
  1. Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang dapat diperoleh di toko material bangunan di sekitar Anda. Beberapa alat yang diperlukan antara lain, kuas ukuran 2,5 inchi dan 1,5 inchi, obeng, sekrap, palu atau hammer, amplas kayu yang agak halus (gunakan amplas nomer 100). Sedangkan beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah cat finishing seperti dempul kayu (wood filler), politur, cat kayu, thinner dengan mutu paling baik, vernis.
  2. Untuk kabinet yang pasang di atas meja dapur, ‘biasanya kan dapat dilepas. Oleh karena itu lepas dan turunkan kabinet tersebut secara perlahan, kosongkan terlebih dahulu isinya. Tapi jika kabinet terlalu besar ukurannya, tidak perlu diturunkan, namun meja dapur harus dialasi dengan koran bekas, rekatkan dengan isolasi agar cat tidak menetes ke permukaan keramik. Sedangkan kabinet yang terletak di bawah atau di sebelah meja dapur tidak perlu dipindahkan.
  3. Periksa dahulu beberapa handle yang rusak, lepaskan dengan obeng. hal ini termasuk melepas semua handle kunci dan ornamen logam yang menempel pada pintu kabinet kecuali engsel. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengecat dengan bebas tanpa khawatir mengenai handle tersebut. Sehingga dihasilkan pengecatan yang merata dan sempurna.
  4. Periksa lah beberapa bagian dari dinding kabinet (lemari), siapa tau ada bagian yang berlubang. Jika Anda mendapati bagian dinding kabinet yang berlubang, tambal dengan menggunakan dempul kayu, gunakan sekrap dari plat elastis. Dan biarkan mengering.
  5. Bersihkan dan haluskan seluruh permukaan dinding kabinet dengan amplas, sembari menghilangkan beberapa bagian cat yang masih melekat. Gunakan masker untuk menghindari debu.
  6. Kini saatnya Anda mengecat seluruh permukaan dinding kabinet. Hal yang perlu diperhatikan adalah: jika kabinet Anda sebelumnya dicat dengan cat kayu, maka pengecatan ulang juga harus menggunakan cat kayu. Sedangkan jika warna dasar kabinet adalah politur (shellac), maka lakukan pengecatan ulang dengan politur juga. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan hasil pengecatan yang baik, karena terbuat dari bahan yang sama. Terlepas dari apakah Anda ingin mengubah warna, maka tidak menjadi masalah.
  7. Buka penutup kaleng dengan obeng atau sekrap. Aduk menggunakan potongan kayu kecil agar seluruh cat tercampur dan tidak ada endapan. Campur dengan thinner untuk cat kayu. Sedangkan untuk politur, gunakan spritus untuk mengencerkannya.
  8. Ambil kuas dan oleskan pada permukaan dinding kabinet dengan arah menuruti alur atau serat kayu. Hal ini akan menghasilkan pengecatan yang baik.
  9. Jika seluruh bagian kabinet telah dicat, biarkan kering beberapa jam. Kemudian lakukan pengecatan ulang hingga rata dan tidak terlihat warna cat “berbayang”.
  10. Biarkan cat mengering, kemudain pasang kembali handle dan kunci kabinet. Ganti handle dengan yang baru dengan jenis yang sama. Atau Anda dapat menggantinya dengan handle yang berbeda. Namun hal ini harus diperhatikan ukuran lubang yang sama. Jika tidak, Anda harus membuat lubang baru dengan mengebornya terlebih dahulu dan menutup bekas lubang lama.
  11. Pasang dan letakkan kembali kabinet ke posisi semula dengan rapi.
  12. Kabinet “baru” Anda telah siap digunakan kembali. Lakukan pembersihan dari bekas cat pada bagian lantai atau meja dapur sebagai bagian dari kesempurnaan pekerjaan Anda.
Cara mengecat ulang kabinet dapur membutuhkan ketelitian, kesabaran yang cukup tinggi. Sebab tidak semua orang dapat “memainkan” kuas sepandai tukang cat profesional. Layaknya bermain bulu tangkis dengan kepiawaiannya memainkan raket., semoga bermanfaat.
Jika ingin membuat kitchen set, jangan lupa kunjungi http://megahkitchen.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar